Kesan Mata Kuliah Jurnalisme Dakwah :)

Assalamu'alaikum teman-teman semuaaa...

Rasanya sudah lama sekali aku tidak update di Blog 😂
Oke, hari ini aku akan bercerita tentang salah satu mata kuliah disemester 3 kali ini, yaitu mata kuliah "Jurnalisme Dakwah".

Jurnalisme Dakwah ini adalah studi lanjutan dari Dasar-Dasar Ilmu Dakwah yang berkaitan dengan perjurnalistikan di jurusan KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam). Mata kuliah ini aku temukan disemester 3 dengan Dosen yang bernama Bapak Uwes Fatoni.

Awalnya yang terbayang dari judul mata kuliah ini adalah bagaimana kita sebagai umat Islam dapat menyiarkan agama dengan bersumber dari al-Qur'an dan Hadits kepada khalayak. Namun, tidak hanya itu. Mata kuliah ini memberikan saya banyak pelajaran, terutama dalam kedisiplinan.

Dari mata kuliah ini, saya dan teman-teman kelas dituntut harus memberitakan kejadian-kejadian yang ada disalah satu masjid. Kita di sini semua merasakan bagaimana cara meliput langsung, mewawancarai narasumber, sampai hasil dari liputan dijadikan sebuah teks berita dan diupload di dakwahpos.com.

Deadline tiap minggunya yang harus ditepati menjadi sebuah tuntutan yang harus dilakukan. Tidak hanya untuk mengejar sebuah nilai, tapi bagaimana kita merasakan sendiri menjadi reporter itu seperti apa. Dan dari sinilah saya belajar bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Selain itu, kita juga diminta untuk membuat videogram dakwah dengan durasi 1 menit. Merekam isi dakwah Ustadz, mengedit audionya, mengedit video sampai layak ditayangkan juga merupakan tantangan besar untuk melawan rasa enggan dan malas dalam mengerjakan suatu tugas. Tidak hanya suara Ustadz yg direkam, namun suara kita pun direkam dan dijadikan videogram dakwah.

Opini juga menjadi tugas lain setelah membuat berita tentang masjid. Opini yang tiap minggunya dikirim ke media, alhamdulillah aku juga pernah dimuat di Media Indonesia dengan judul opini "Berbicaralah Sesuai Data dan Fakta". Dan dalam hati, aku bilang "oh gini ya rasanya tulisan kita dimuat," senang sekali.

Disela-sela pembelajaran kita juga diminta untuk membuat tulisan Essay tentang 'Moderasi Islam' untuk ikut serta dalam perlombaan, dan ini serentak diikuti oleh seluruh Mahasiswa KPI Semester 3. Alhamdulillah, salah satu teman kita menjuarai lomba dengan meraih juara 1 dilomba tersebut dan mendapatkan penghargaan.

Sudah tidak terasa, semua tugas terselesaikan, kini saatnya UAS dilaksanakan. Kelebihan mata kuliah Jurnalisme Dakwah ini, dengan berbagai tugas yang diberikan, saya lebih bisa mengefektifkan waktu dan bisa menepati deadline semua tugas dengan baik.

Namun, kekurangannya terletak pada pemenuhan deadline yang selalu bentrok dengan mata kuliah lain sehingga membuat kita bingung akan menyelesaikan tugas yang mana dulu. Karena memang tugas itu satu, satu dari Jurnalisme Dakwah, satu dari Pengantar Ilmu Jurnalistik, satu dari Pemikiran Modern Dalam Islam dan lain sebagainya :D.

Dengan adanya mata kuliah Jurnalisme Dakwah ini, kedepannya, jika ada waktu senggang untuk menulis atau mengabarkan suatu berita, maka akan saya sebarkan. Atau kedepannya saya akan membuat video-video kegiatan sehari-hari dan menginspirasi :).

Terima kasih sudah membaca,
Salam,


Mira Novianda, Mahasiswa KPI/3/B UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Buat yang mau lihat hasil karyanya bisa klik link dibawah ini yaaa ;)

http://www.dakwahpos.com/2018/12/ibu-ibu-menunggu-buah-hati-di-masjid.html?m=1 

http://www.dakwahpos.com/2018/12/berpendapatlah-disertai-data-dan-fakta.html?m=1 

http://www.dakwahpos.com/2018/10/majelis-dta-masjid-jami-at-taqwim.html?m=1 

http://www.dakwahpos.com/2018/09/mereka-ikuti-dta-di-masjid-jami-at.html?m=1

Komentar